Mengenal Berbagai Cabang Matematika

Mengenal Berbagai Cabang Matematika – Bagi orang awam, matematika dianggap hanya sebatas ilmu hitung (aritmetika). Padahal matematika mempunyai bidang kajian yang sangat luas. Anggapan yang keliru terkait matematika pada masing-masing individu sangat berpegantung pada pengalaman belajar masing-masing individu yang belajar matematika. Sebagai ratu ilmu (menurut Carl F. Gauss), matematika dilihat dari sisi isi pembahasannya memiliki bidang-bidang yang mencakup aritmetika, aljabar, kalkulus, geometri, trigonometri.

Di perguruan tinggi, cabang matematika muncul seperti aljabar, analisis, statistika, matematika terapan, matematika aktuaria, matematika ekonomi, matematika komputer, geometri dan lain-lain.Masing-masing cabang matematika yang muncul di perguruan tinggi kadang-kadang dibagi lagi menjadi cabang-cabang yang lebih kecil namun pembahasannya tetap luas. Aljabar di perguruan tinggi misalnya dibagi lagi menjadi aljabar, aljabar abstrak, aljabar vektor, aljabar matriks dan lain-lain.

Kesimpulannya adalah bahwa matematika bukan hanya mempelajari cabang yang umum digunkan dalam kehidupan sehari-hari dan dipahami sebagai ilmu hitung atau Aritmetika. Yang dipelajari dalam matematika sangat luas sehingga hampir semua orang seperti takut atau cemas ketika belajar matematika.

0 Response to "Mengenal Berbagai Cabang Matematika "

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel