Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Pendidikan Penguatan Karakter, Pengganti Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 Tentang Hari Sekolah

Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Pendidikan Penguatan Karakter, Pengganti Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 Tentang Hari Sekolah - Secara Resmi Aturan 8 Jam/hari di Sekolah dalam Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 tentang hari sekolah telah diganti dengan Perpres Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Pendidikan Penguatan Karakter. Sekolah boleh memilih untuk penyelengarakan pendidikan selama enam atau lima hari disesuaikan dengan kesiapan sumber daya sekolah. Pada Pasal 9 Ayat 1, sekolah diberi pilihan untuk memilih penyelenggaran pendidikan dilaksanakan selama enam hari atau lima hari sesuai dengan kesiapan sekolah tersebut. Sedangkan dalam Pasal 9 Ayat 2 Perpres nomor 87 Tahun 2017 juga Menyatakan Ketentuan hari sekolah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diserahkan pada masing-masing Satuan Pendidikan bersama-sama dengan Komite Sekolah/ Madrasah dan dilaporkan kepada Pemerintah Daerah atau kantor kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama setempat sesuai dengan kewenangan masing-masing.

Oleh karena itu, bagi sekolah yang menetapkan 5 (lima) hari sekolah sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Satuan Pendidikan dan Komite Sekolah/ Madrasah harus mempertimbangkan: (1) Kecukupan pendidik dan tenaga kependidikan; (2) Ketersediaan sarana dan prasarana; (3) Kearifan lokal; dan (4) Pendapat tokoh masyarakat dan/atau tokoh agama di luar Komite Sekolah/Madrasah.

Pelu Juga diketahui bahwa Pendidikan Penguatan Karakter (PPK) yang dimaksud Perpres Nomor 87 Tahun 2017 merupakan gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab Satuan Pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat. 
 
Adapun Tujuan Pendidikan Penguatan Karakter yang dimaksud dalam Perpres Nomor 87 Tahun 2017 adalah : (1) membangun dan membekali Peserta Didik sebagai generasi emas Indonesia Tahun 2045 dengan jiwa Pancasila dan pendidikan karakter yang baik guna menghadapi dinamika perubahan di masa depan; (2) mengembangkan platform pendidikan nasional yang meletakkan pendidikan karakter sebagai jiwa utama dalam penyelenggaraan pendidikan bagi Peserta Didik dengan dukungan pelibatan publik yang dilakukan melalui pendidikan jalur formal, nonformal, dan informal dengan memperhatikan keberagaman budaya Indonesia; dan (3) merevitalisasi dan memperkuat potensi dan kompetensi pendidik, tenaga kependidikan, Peserta Didik, masyarakat, dan lingkungan keluarga dalam mengimplementasikan Pendidikan Penguatan Karakter.

Download Perpres Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Pendidikan Penguatan Karakter

Pada saat Peraturan Presiden ini mulai berlaku, peraturan perundang undangan yang mengatur mengenai hari sekolah dan pendidikan karakter yang bertentangan dengan Peraturan Presiden ini dinyatakan tidak berlaku.

0 Response to "Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Pendidikan Penguatan Karakter, Pengganti Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 Tentang Hari Sekolah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...