Metode Kumon sebagai metode belajar Perseorangan: Keunggulan dan Manfaatnya

Metode Kumon sebagai metode belajar Perseorangan: Keunggulan dan Manfaatnya - Metode Kumon merupakan salah satu metode belajar perseorangan dimana siswa kumon menentukan sendiri level yang akan dimulai. Siswa memilih dan memulai  dari level belajar  sesuai kemampuannya. Siswa diberikan lembar kerja yang  telah didesain sedemikian baik agar siswa dapat memahami sendiri bagaimana menyelesaikan soalnya.  Siswa dituntut untuk terus belajar sesuai dengan kemampuannya sendiri,  mengejar bahan pelajaran yang setara dengan levelnya dan diharapkan dapat melampauinya.

Sistem belajar ini dikembangkan pertama kali seorang guru matematika bernama Toru Kumon. Sistem ini dikembangkan untuk memenuhi permintaan istrinya agar  membantu pelajaran Matematika anaknya. Saat itu, anaknya  Takeshi, masih duduk di kelas tingkat sekolah dasar. Kumon merancang suatu sistem Takeshi dapat belajar secara efektif, sistematis, serta memiliki dasar-dasar Matematika yang kuat. Kumon merancang sistem belajar bagi anaknya sebagai berikut: (1) Mengacu pada sasaran "Matematika tingkat SMU" ; (2)  Membuat lembar kerja dengan susunan pelajaran yang meningkat secara bertahap; (3)Memberikan lembar kerja yang dapat diselesaikan oleh anaknya setiap hari
dalam waktu kurang dari 30 menit
Hasilnya, anaknya Takeshi  dapat menyelesaikan Persamaan Diferensial dan Kalkulus Integral setara pelajaran tingkat SMU, ketika masih duduk di kelas 6 SD hanya dengan mengerjakan lembar kerja yang diberikan ayahnya setiap hari. Toru Kumon kemudian berkeinginan agar anak-anak lain pun merasakan manfaat belajar seperti ini. Ia menerapkan cara ini kepada anak-anak di lingkungan tempat tinggalnya. Hasilnya memuaskan, dan sistem belajar kumon  berkembang  menyebar ke seluruh Jepang saja dan seluruh dunia.

Lalu apa yang menyebabkan Kumon begitu cepat berkembang? Jawabannya adalah Kumon memiliki banyak keistimewaan: (1) Siswa memulai dari level yang tepat akan menumbuhkan kecintaan belajar; (2) Siswa maju dengan kemampuan sendiri; (3) Metode ini dapat mengembangkan kebiasaan belajar yang baik dan kemampuan belajar mandiri

Dengan keistimewaan seperti yang disebutkan di atas, banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan sistem belajar kumon. Belajar secara kontinu dengan metode ini  dapat  membangun kekuatan anak dalam menghadapi masalah. Anak yang belajar dengan metode kumon akan  termotivasi untuk terus maju dan menerapkan apa yang telah dipelajari tersebut hingga mereka lulus.  Metode Kumon  membantu anak merasakan pengalaman kegembiraan dalam belajar dan maju dengan kemampuan sendiri. Kumon juga membantu perkembangan anak agar menjadi orang yang memiliki semangat untuk belajar dan membangun kekuatan menghadapi masalah yang nantinya dibutuhkan untuk kehidupan kelak.

0 Response to "Metode Kumon sebagai metode belajar Perseorangan: Keunggulan dan Manfaatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...