Pengertian dan Cara Menyusun Hipotesis

Pengertian dan Cara menyusun Hipotesis - Dalam penelitian kuantitatif, hipotesis memiliki peran yang penting. Karena hipotesis memberikan arah yang jelas kepada peneliti dalam rangka melakukan verifikasi menuju terwujudnya suatu kesimpulan. Hipotesis merupakan jawaban yang dibangun dan diformulasikan berdasarkan kajian-kajian teori yang relavan, hasil temuan penelitian terdahulu, atau hasil observasi lapangan sementara (terhadap masalah atau variabel terteliti). Karena keberadaan hipotesis sebagai jawaban sementara, maka hipotesis harus diuji kebenarannya berdasarkan data yang terkumpul.

Berikut ini merupakan cara menyusun hipotesis kerja dan hipotesis nihil :

1. Hipotesis Kerja

Hipotesis kerja (Hipotesis Alternatif, Ha) senantiasa diformulasikan dalam bentuk kalimat positif (mengiyakan). Hipotesis kerja dari penelitian ini adalah: Ada hubungan antara motivasi berprestasi dengan aktivitas belajar matematika siswa SDI Dombe.

2. Hipotesis Nihil

Hipotesis nihil (Hipotesis Nol, Ho) diformulasikan dalam bentuk kalimat negatif. Hipotesis nihil dari penelitian ini adalah: Tidak ada hubungan antara motivasi berprestasi dengan aktivitas belajar matematika siswa SDI Dombe.

0 Response to "Pengertian dan Cara Menyusun Hipotesis"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel