Mengajarkan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Matematika

Mengajarkan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Matematika–Pembelajaran matematika konvensional dan mekanistik yang sering dipraktikkan para guru masa lalu tidak mendidik siswa untuk berpikir kritis. Alih-alih untuk membentuk siswa memiliki kemampuan berpikir kritis, pembelajaran matematika konvensional justru membawa siswa untuk mengingat atau menghafal tanpa pemahaman. Pembelajaran matematika bermakna jika pembelajaran berhasil membawa siswa untuk dapat berpikir kritis. Lalu apa yang dimaksud dengan berpikir kritis ?

Pikket & Foster ( 1996) seperti yang dinyatakan oleh Rosnawati (2012) menyatakan berpikir kritis adalah jenis berpikir yang lebih tinggi yang bukan hanya menghafal materi tetapi penggunaan dan manipulasi bahan-bahan yang dipelajari dalam situasi baru. Untuk mengembangkan pembelajaran yang dapat mengajarkan berpikir kritis, sebaiknya mengenal indikator keterampilan berpikir kritis. Indikator keterampilan berpikir kritis dibagi menjadi lima kelompok (Ennis dalam Costa, 1985) yaitu ;memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, membuat penjelasan lebih lanjut serta mengatur strategi dan taktik.

Keterampilan pada kelima kelompok berpikir kritis ini dirinci lagi sebagai berikut: a). Memberikan penjelasan sederhana terdiri dari keterampilan memfokuskan pertanyaan, menganalisis argumen, bertanya dan menjawab pertanyaan. b). Membangun keteranpilan dasar terdiri dari menyesuaikan dengan sumber, mengamati dan melaporkan hasil observasi. c). Menyimpulkan terdiri dari keterampilan mempertimbangkan kesimpulan, melakukan generalisasi dan melakukan evaluasi. d). Membuat penjelasan lanjut contohnya mengartikan istilah dan membuat definisi. e). Mengatur strategi dan taktik contohnya menentukan suatu tindakan dan berinteraksi dengan orang lain dan berkomunikasi. Keterampilan berpikir kritis peserta didik antara lain dapat dilatih melalui pemberian masalah dalam bentuk soal yang bervariasi.

Sumber.
R. Rosnawati. BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENDUKUNG PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA. Makalah: Dipresentasikan dalam Seminar Nasional Pendidikan di Universitas Sanata Dharma. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132001808/penelitian/makalah_an_Rosnawati_UNY_29_Juni_2012_apload.pdf

0 Response to "Mengajarkan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Matematika"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel