Kewirausahaan Bidang Pendidikan

Kewirausahaan Bidang Pendidikan - Semua orang dari beragam profesi dan bidang ilmu memiliki peluang untuk berwirausaha, tidak terkecuali guru. Sebagai orang yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, guru memiliki pasar yang potensial. Untuk itu guru dituntut untuk kreatif untuk memanfaatkan peluang untuk berbisnis di bidang pendidikan. Yang dimaksud dengan bisnis di bidang pendidikan tidak berhubungan langsung dengan lembaga yang menjadi tempat mengabdi yaitu sekolah.

Bidang pendidikan merupakan bidang dengan potensi bisnis yang besar dan beragam. Berikut ini adalah usaha-usaha yang dapat ditekuni guru untuk mendapatkan penghasilan tambahan selain profesinya sebagai guru.

1. Les Pelajaran (Privat)

Les privat nampaknya menjadi bisnis di bidang pendidikan yang membutuhkan modal relatif kecil namun bisa menjanjikan penghasilan yang relatif besar. Modal Anda adalah pengetahuan, waktu, kendaraan, dan tenaga. Anda hanya tinggal menyediakan waktu dan tenaga untuk memberikan pengajaran yang lebih intens pada anak didik yang merasa kesulitan mendalami pelajaran di sekolah. Keuntungan dari menekuni bisnis ini adalah Anda mendapatkan penghasilan yang relatif besar (tergantung pada tingkat pendidikan murid yang Anda ajar), terkadang masih mendapatkan suguhan yang tidak sedikit, hingga belajar mendidik anak. Dengan menjadi pribadi yang mengajar secara independen, bukan tergabung pada lembaga bimbingan belajar, Anda tidak akan terbebani dengan berbagai aturan dan target jam mengajar yang harus dipenuhi. Selain itu, fee yang Anda terima tentu tidak akan terpotong.

2. Les Baca Tulis Hitung atau Calistung

Tingkat mobilitas masyarakat modern yang relatif tinggi terkadang harus membuat mereka meninggalkan anak demi bekerja dan mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Akibatnya sudah bisa ditebak, anak menjadi hanya memiliki sedikit waktu dengan orang tua dan kesempatan untuk belajar menjadi lebih sedikit. Maka dari itu tak heran banyak orang tua yang akhirnya ‘melimpahkan’ tanggung jawab dalam mengajar dan mendidik anak kepada orang lain dalam beberapa kebutuhan, salah satunya adalah mengajarkan anak untuk membaca, menulis, dan menghitung. Bisnis ini bisa Anda tekuni terutama Anda yang memang menyukai dan sabar terhadap anak-anak.

3. Membuka Sekolah PAUD

PAUD merupakan singkatan dari Pendidikan Anak Usia Dini. Bisnis satu ini juga bisa menjadi alternatif yang akan Anda geluti akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa bidang bisnis satu ini tidak bisa dijalankan sendiri. Ajaklah beberapa teman dan kerja sama dengan beberapa pihak untuk menjalankan program PAUD yang biasanya dilakukan dalam lingkungan desa.

4. Kursus Bahasa Asing

Saat ini, kemampuan bahasa asing menjadi salah satu keterampilan yang wajib dimiliki untuk melamar pekerjaan, setidaknya kemampuan untuk berbahasa Inggris. Jika Anda memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mengajar bahasa asing, jangan ragu untuk menjadikan hal tersebut sebagai bisnis Anda. Ajaklah beberapa rekan yang memiliki keterampilan serupa untuk turut berpartisipasi sebagai tenaga pengajar. Kemungkinan bisnis ini berjalan dan bertahan relatif besar mengingat kebutuhan masyarakat akan pengajaran dan pendidikan bahasa asing semakin meningkat.

5. Kursus Komputer

Selain mampu berkomunikasi dalam bahasa asing, kemampuan dan keterampilan lain yang tidak kalah penting untuk melamar pekerjaan dalam sebuah perusahaan adalah keterampilan menggunakan komputer beserta software di dalamnya. Anda yang merasa mampu dan menguasai ilmu komputer boleh saja mendirikan sebuah bisnis yang berkecimpung dalam pendidikan komputer. Targetnya bisa saja anak sekolah maupun orang dewasa yang memiliki kebutuhan khusus untuk bisa mengoperasikan komputer dan software tertentu. Tarifnya pun relatif tinggi dan hal ini berpotensi mengundang keuntungan yang tidak sedikit.

6. Stationary

Selain bisnis yang bergerak di bidang lembaga pengajaran dan pendidikan, Anda juga bisa memanfaatkan peluang anak sekolah yang membutuhkan berbagai alat tulis dengan membuka bisnis stationary. Anda bahkan tidak hanya menyasar target pelajar namun juga pekerja kantoran yang membutuhkan alat tulis lengkap. Semakin lengkap produk yang Anda jual di toko dengan beragam variasi baik dari segi merek, harga, maupun kualitas, semakin tinggi minat konsumen untuk berbelanja di toko Anda serta loyalitas mereka pada Anda.

7. Toko Seragam Sekolah

Kebutuhan lain yang tidak kalah pentingnya bagi anak sekolah adalah seragam. Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan membuka toko seragam sekolah mulai dari SD, SMP, hingga SMA. Peluang lain yang bergerak di bidang sejenis adalah menerima pesanan seragam dengan model dan tema yang bisa disesuaikan dengan permintaan konsumen. Semakin variatif jenis kain seragam dan model seragam yang Anda jual, semakin tinggi kemungkinan bisnis Anda berlangsung lama dan stabil karena konsumen merasa Anda bisa menyediakan kebutuhan mereka secara lengkap.

8. Jasa Antar Jemput Anak Sekolah

Karena tidak semua orang tua bersedia menyisihkan waktu mereka untuk mengantar-jemput anak mereka, Anda bisa memanfaatkan peluang jasa antar jemput anak sekolah ini sebagai jawaban bagi orang tua yang sibuk. Modal yang Anda butuhkan adalah mobil yang layak pakai dan sanggup menampung hingga 10 atau 15 anak sekolah untuk sekali jalan. Bisnis ini mampu menjanjikan penghasilan dan keuntungan besar sebab modal yang dibutuhkan selain mobil hanyalah bahan bakar dan tenaga supir. Tiga hal kunci yang menjadi kesuksesan bisnis ini adalah kedisiplinan, keamanan, serta keselamatan bagi anak yang menumpang.

9. Membuka Toko Buku, Perpustakaan dan Fotocopy.

Para siswa pasti akan berhubungan dengan buku, oleh karenanya sebagai guru yang mengetahui seluk-beluk kurikulum perlu menyediakan fasilitas ini. Tentu saja untuk berwirausaha di bidang ini membutuhkan biaya atau modal yang tidak sedikit tetapi menawarkan keuntungan yang besar. Selain menjual buku, guru dapat menyediakan perpustakaan yang menarik biaya sewa pada pengunjungnya. Dari pengujung inilah, bisnis fotocopy dapat berjalan karena mungkin saja para pengunjung berkepentingan untuk mengkopi buku yang dibutuhkannya.

0 Response to "Kewirausahaan Bidang Pendidikan"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel