Keterampilan Menyampaikan Pertanyaan

Keterampilan Menyampaikan Pertanyaan - Yang dimakasudkan dengan keterampilan menyampaikan pertanyaan disini adalah bagaiman cara memberi pertanyaan, kapan menyampaikan, kepada siapa pertanyaan tersebut diberikan, dan siapa yang harus menjabnya.

Adapun waktu dalam memberikan pertanyaan adalah ketika menyapaikan pelajaran, ketika menyampaikan pendahuluan pelajaran, ketika menjelaskan materi pelajaran, ketika meluruskan pemahaman atau ketika mengahkiri pelajaran. Intinya, dapat dilakukan pada saat proses penyampaian pelajaran.

Bagaimana Cara Penyampaian Pertanyaan dan Syarat-syaratnya

Harus memberikan pertanyaan kepada semua murid sebelum menunjukan seorang murid untuk menjawabnya. Hal ini akan menciptakan hal-hal sebagai berikut.

Ø Menarik perhatian semua murid. Semua murid memfokuskan perhatiannya kepada guru karena khawatir tiba-tiba jika dirinya ditunjuk untuk men-jawab pertanyaan.

Ø Memberikan kesempatan berpikir kepada semua murid untuk menjawab. Hal ini akan meningkatkan efektifivitas para murid dalam proses pendi-dikan.

Ø Ketika semua murid berpikir untuk menjawab maka semuanya memba-yangkan jawaban untuk dirinya sendiri. Tak kala guru menunjukan salah satu murid untuk menjawab maka para murid yang lain akan mem-bandingkan temannya dengan jawabannya sendiri.

Ø Wajib sebagai seorang guru untuk membagikan pertanyaan kepada para murid dengan adil, sebisa mungkin. Sebuah kesalahan bagi seorang guru apabila dia hanya memfokuskan pertanyaan dan mendiskusikannya hanya dengan beberapa murid saja. Hal ini akan menyebabkan para murid yang lain enggan untuk memperhatikan pelajaran, bahkan membuat kegaduhan. Selain itu, hal itu akan menorehkan luka di hati murid yang lain.

Ø Jangan memberikan pertanyaan kepada murid dengan aturan yang bisa dipakai. Seperti menunjukan sesuai nomor absensi, dan sebagainya. Karena, hal ini akan mengurangi semangat para murid yang tidak men-dapat bagian atau mereka enggan untuk ikut mendiskusi pertanyaan tersebut. Dan, seakan-akan dialog yang ada hanya terjadi antara guru dan murid yang ditunjuk. Sungguh hal ini, akan menyebabkan murid yang lain enggan memperhatikan dan memfokuskan diri pada pertanyaan yang diberikan untuk didiskusikan.

0 Response to "Keterampilan Menyampaikan Pertanyaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...