loading...

Mengapa Penting Untuk Mengembangkan Karakter pada Anak Usia Dini.

Mengapa Penting Untuk Mengembangkan Karakter pada Anak Usia Dini - Usia dini, usia antara 0-6 tahun merupakan periode emas bagi seorang anak. Pada periode ini, pertumbuhan dan perkembangan otak anak akan maksimal jika distimulasi secara baik. Periode ini pun, anak memiliki kepekaan terhadap kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial, kemadirian, seni, moral, agama  sebelum terlambat mengingat perkembangan kecerdasan pada anak akan berhenti pada usia 18 tahun. Usaha untuk mendidik anak pada usia-usia ini telah banyak dikembangkan dengan didirikannya atau dikembangkannya PAUD.

PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak sudah siap memasiki pendidikan lebih lanjut. Melalui PAUD, diharapkan berbagai potensi anak sejak dini dikembangkan sebagai  persiapan dini bagi anak  untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

PAUD jalur pendidikan formal diantaranya adalah TK (Taman Kanak-kanak). PAUD jalur pendidikan non formal diantaranya adalah TPA (Taman Penitipan Anak), atau bentuk lain yang sederajat yang menggunakan program untuk anak usia 0 - <2 tahun, 2 - <4 tahun, 4 - ≤6 tahun tahun dan program pengasuhan untuk anak usia 0 - ≤6 tahun, KB (Kelompok Bermain) dan bentuk lain yang sederajat menggunakan program untuk anak usia 2 - <4 tahun dan 4 - ≤6 tahun, sedangkan PAUD jalur informal adalah pendidikan yang diselenggarakan oleh keluarag atau pendidikan yang diselenggarakan oleh lingkungan. Penyelenggraan PAUD sudah mempunyai standar yang disesuaikan dengan kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan anak sehingga bisa memberikan pelayanan yang berkualitas.


0 Response to "Mengapa Penting Untuk Mengembangkan Karakter pada Anak Usia Dini. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...