loading...

Beberapa Tips untuk Menggunakan Jaringan Sosial Facebook dalam Pembelajaran

Beberapa Tips untuk Menggunakan Jaringan Sosial Facebook dalam Pembelajaran - Saat ini hamper semua anak-anak usia sekolah terutama usia sekolah menengah telah memiliki akun jejaring social. Salah satu situs jejaring social yang cukup familiar di kalangan siswa adalah situs pertemanan facebook. Hal ini disebabkan oleh banyak hal, diantaranya adalah semakin mudah dan murahnya perangkat ponsel pintar berbasis OS Android yang beredar di pasaran. Namun, banyak akibat yang ditimbulkan dari penggunaan tanpa control dari situs ini. Bahkan, banyak lembaga pendidikan yang merasa dan telah menetapkan regulasi berkaitan dengan boleh tidaknya siswa membawa smartphone ke sekolah. Regulasi ini telah menimbulkan berbagai pro kontra di kalangan pemerhati pendidikan.

Penetapan regulasi di atas mungkin disebabkan karena masih banyak guru mencurigai resiko memperkenalkan teknologi ini dalam kelas. Persoalan yang muncul adalah bagaimana melibatkan siswa belajar menggunakan situs-situs jejaring social seperti facebook yang mereka miliki sambil memproteksi siswa agar aman dari bahaya yang ditimbulkan.

Situs jejaring sosial seperti facebook dapat membantu peserta didik dalam berinteraksi secara sosial dan akademik. Facebook memungkinkan peserta didik berhubungan akrab dengan guru dan siswa lain. Facebook menyediakan platform untuk berinteraksi dan berbagi pengetahuan. Facebook juga menyediakan fasilitas group untuk para siswa bergabung dan membahas berbagai topik, berkolaborasi dan menggunakan aplikasi pendidikan untuk mengelola aktivitas belajar.
 
 Menurut Joe Sullivan, jejaring social akan aman digunakan untuk tujuan pembelajaran jika mengikuti aturan aturan berikut ini.

Buat Daftar Teman

Seorang guru dapat membuat daftar teman yang terdiri dari para siswanya dan menyesuaikan pengaturan privasi untuk mengontrol apa yang dapat dilihat oleh siswa. Misalnya, Guru mungkin dapat mengatur privasi yang memungkinkan siswa untuk melihat informasi profil dasar, dan postingan pada wall.

Membuat Grup FB dengan tujuan tertentu.

Guru dapat membuat Group FB untuk matapelajaran tertentu atau proyek kelas tertentu, dan mengundang semua siswa yang berkepentingan untuk bergabung dengan grup. Dengan grup tersebut akan memberikan jalan bagi siswa dan guru untuk membahas topik yang relevan dan disukai siswa. Dalam Grup tersebut akan memungkinkan terjadinya diskusi di mana siswa dapat berbagi pikiran mereka.

Berbagi Konten yang Penting

Guru dan siswa dapat menggunakan dinding pada halaman Facebook grup untuk berbagi konten yang kaya, seperti klip berita, artikel menarik, situs Web, video, dan sebagainya. Mintalah siswa melakukan hal yang sama.

Diskusikan Keamanan Online

Guru dapat menetapkan kepada siswa tentang perilaku online yang sesuai, termasuk menjaga password pribadi, tidak pernah berbicara dengan orang asing secara online, dan memperlakukan orang lain dengan hormat.

Tahu Sumber Daya Anda

Dapatkan konten dinamis terutama untuk guru di Facebook di halaman Pendidikan, dan memeriksa saran keselamatan bagi guru.

Memeriksa Kebijakan  Sekolah terkait Jejaring Sosial

Sebagai pendidik, guru harus memastikan mematuhi kebijakan sekolah sebelum membuka akun Facebook. Selain itu, itu selalu ide yang baik untuk memberitahu orang tua dan menerima izin mereka sebelum meminta siswa untuk bergabung Facebook. Jelaskan kepada orang tua persis bagaimana alat tersebut akan digunakan di dalam kelas - dan pastikan semua siswa telah berumur lebih dari 13 Tahun.

Tanggapan Siswa
Guru dapat meminta tanggapan siswa terkait ide-ide kreatif tentang cara-cara di mana Facebook dapat memperkaya pengalaman belajar mereka, baik di dalam kelas dan di luar.

Menjadi Harbor Aman

Pastikan siswa tahu bahwa mereka dapat datang kepada guru saat online dengan pertanyaan atau masalah, atau untuk membahas apa yang harus dilakukan dalam situasi sulit yang mereka hadapi secara online.

Apps Facebook untuk Guru

Guru juga dapat memanfaatkan teknologi gratis untuk terlibat dengan siswa pada platform yang mereka nikmati, dan dapat menggunakan alat-alat tersebut untuk berbagi presentasi, catatan, tes praktek, dan kuis. Facebook memiliki banyak aplikasi yang dapat digunakan dalam bidang pendidikan.

0 Response to "Beberapa Tips untuk Menggunakan Jaringan Sosial Facebook dalam Pembelajaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...