Tentang Sekolah Rumah (Homeschooling)

Tentang Sekolah Rumah (Homeschooling). Sekolah sendiri di rumah, biasa disebut “Sekolah Rumah” dan orang lebih sering menyebutnya “Homeschooling” merupakan sekolah dimana proses pembelajaran diatur sendiri oleh orangtua di rumah. Biasanya dilaksanakan untuk anak-anak yang karena alasan keadaan tertentu, tidak dapat mengikuti proses belajar mengajar di sekolah.

Awalnya, banyak orang yang mempertanyakan legalitas dari homeschooling, namun dengan dikeluarkannya peraturan menteri Permendikbud No. 129 Tahun 2014 tentang Homeschooling maka banyak orangtua yang memilih untuk menggunakan homeschooling terutama bagi orangtua yang anaknya memiliki kebutuhan khusus atau anak berbakat. Ada juga orangtua yang memang memilih untuk tidak menyekolahkan anaknya di sekolah karena ketidakpercayaan akan tanggung jawab sekolah terhadap pengembangan bakat anak-anak mereka.Siangkatnya, ada banyak alasan orang tua dan anak memilih homeschooling ketimbang sekolah biasa pada umumnya.


Baca Juga: Alasan Orangtua Memilih Homschooling daripada Sekolah Formal

Dalam Permendikbud No. 129 Tahun 2014, Pasal 1 Ayat (4) dinyatakan bahwa yang dimaksud dengan sekolah rumah adalah proses layanan pendidikan yang secara sadar dan terencana dilakukan oleh orangtua/keluarga di rumah atau tempat-tempat lain dalam bentuk tunggal, majemuk, dan komunitas dimana proses pembelajaran dapat berlangsung dalam suasana kondusif dengan tujuan agar setiap potensi peserta didik yang unik dapat berkembang secara maksimal. Pada pasal 7 Ayat (1) dinyatakan bahwa Kurikulum yang diterapkan dalam Sekolahrumah mengacu pada Kurikulum Nasional. Ayat (3) Kurikulum nasional sebagaimana yang dimaksud pada Ayat (1) yang digunakan dapat berupa kurikulum pendidikan formal atau kurikulum pendidikan kesetaraan, dengan memperhatikan secara lebih meluas atau mendalam bergantung pada minat, potensi dan kebutuhan peserta didik.

Lulusan dan ijasah homeschooling setara dengan murid dari sekolah formal dan siswa homeschooling dapat pindah jalur baik ke formal maupun nonformal/informal seperti yang dinyatakan dalam Permendikbud No. 129 Tahun 2004, Pasal 4. Pada Pasal 12 juga diatur bahwa siswa homeschooling dapat mengikuti UN pada satuan pendidikan formal atau nonformal yang disetujui atau ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/kota setempat.

0 Response to "Tentang Sekolah Rumah (Homeschooling)"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel