Tentang Multimedia Pembelajaran

Tentang Multimedia Pembelajaran. Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Istilah multimedia pada saat ini, lebih berkaitan pada penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan beberapa unsur teks, grafik, suara, video dan animasi. Pembahasan definisi multimedia berkaitan dengan penggunaan komputer yang lebih dikenal sebagai computer multimedia. Hal ini sebagaimana dikemukakan oleh Usha V. Reddi (2003:3) bahwa:

Multimedia is a mix of various mass media such as teks, audio and video or it may mean the development of computer-based hardware and software packages produced on a mass seale and yet allow individualized use and learning. In essenee, multimedia merges multiple levels of learning into an educational tool that allows for diversity in curricula presentation.

Arti dari definisi tersebut adalah multimedia merupakan gabungan dari berbagai media teks, audio dan video atau mungkin berarti pengembangan berbasis komputer perangkat keras (hardware) dan paket perangkat lunak (software) yang dihasilkan pada dalam skala massal dan memungkinkan penggunaan individual dan pembelajaran. Intinya, multimedia menggabungkan berbagai tingkat belajar menjadi alat pendidikan yang memungkinkan untuk keragaman dalam menyampaikan isi kurikulum.

Dalam pembelajaran, multimedia merupakan media atau perantara yang dapat mengantarkan informasi dari sumber informasi (guru) ke penerima (siswa). Karen S. Ivers (2002: 2) memberikan definisi multimedia dalam pembelajaran sebagai berikut:

multimedia is the use of several media to present information. Combinations may inelude text, graphics, animation, pictures, video, and sound. Today’s technologies, however, allow educators and students to integrate, combine, and interact with media far beyond what was previously possible.

Artinya bahwa multimedia adalah gabungan beberapa media untuk menyajikan informasi. Kombinasi dapat mencakup teks, grafik, animasi, gambar, video, dan suara. Teknologi saat ini, bagaimanapun, memungkinkan pendidik dan siswa untuk mengintegrasikan, menggabungkan, dan berinteraksi dengan media jauh melampaui apa yang sebelumnya tidak terpikirkan. Jadi, multimedia merupakan sebuah media pembelajaran yang mengantarkan informasi dari guru ke siswa.

Lebih lanjut, Winarno (2009: 8), menjelaskan bahwa istilah multimedia dimaknai sebagi pembelajaran berbantuan komputer (CAI) yang pembelajarannya menggabungkan teks, grafis, video, audio, dan interaktif. Interaktif adalah kemampuan user untuk mengontrol atau menentukan urutan materi ajar dan proses pembelajaran yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan user. Sebagai sarana pembelajaran, hal ini sangat berguna dalam memandang multimedia sebagai salah satu pilihan yang digunakan dalam teknologi pembelajaran.

Baca Juga: Karakteristik Multimedia Pembelajaran

Dari penjelasan beberapa ahli di atas dapat dipahami bahwa multimedia merupakan media pembelajaran yang menggabungkan teks, grafik, animasi, gambar, video, audio, dan interaktif. Penggabungan ini merupakan suatu kesatuan utuh yang bertujuan menampilkan informasi, pesan atau isi pelajaran berbantuan komputer dalam proses pembelajaran. Multimedia ini sangat membantu keefektifan proses pembelajaran, penyampaian pesan dan isi pelajaran saat itu. Multimedia sebagai media pembelajaran dapat membangkitkan motivasi dan minat siswa, multimedia juga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik dan memadatkan informasi.

0 Response to "Tentang Multimedia Pembelajaran"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel