Tentang Belajar dan Prestasi Belajar

Tentang Belajar dan Prestasi Belajar. Suyono, (dalam Cony, 2009 : 19) mengemukakan bahwa belajar adalah suatu aktivitas atau suatu proses untuk memperoleh pengetahuan, meningkatkan keterampilan, memperbaiki perilaku, sikap, dan mengokohkan kepribadian.

1. Menurut Sutikno (dalam, Cony, 2009 : 21), belajar adalah sebagai suatu proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh suatu perubahan yang baru sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

2. Selanjutnya Morgan (dalam Muliyono, 2009 : 17), belajar adalah sebagai suatu perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku sebagai akibat atau hasil dari pengalaman yang lalu.

Dari pengertian beberapa para ahli diatas,  dapat disimpulkan belajar merupakan suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan yang baru, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

b. Pengertian Prestasi Belajar

Kata Prestasi berasal dari bahasa Belanda yaitu “Prestatie”. Kemudian dalam bahasa Indonesia menjadi “prestasi” berarti hasil usaha. Istilah prestasi belajar berbeda dengan hasil belajar. Prestasi belajar pada umumnya berkenaan dengan aspek pengetahuan, sedangkan hasil belajar meliputi aspek pembentukan watak peserta didik. Kata prestasi banyak digunakan dalam berbagai bidang dan kegiatan antara lain dalam kesenian, olahraga, dan pendidikan khususnya pembelajaran.

Prestasi belajar merupakan suatu masalah yang bersifat parenial dalam sejarah kehidupan manusia, karena sepanjang rentang kehidupan manusia selalu mengalami prestasi menurut bidang dan kemampuan masing-masing.


Menurut Surjana (2008 : 42), prestasi belajar mempunyai fungsi sebagai berikut:

1. Prestasi belajar sebagai indikator Kualitas dan Kuantitas pengetahuan yang telah dikuasai oleh peserta didik.
2. Prestasi belajar sebagai lambang pemusatan hasrat ingin tahu. Para ahli psikologi biasanya menyebut hal ini sebagai ”tendesi keingintahuan dan merupakan kebutuhan umat manusia”.
3. Prestasi belajar sebagai bahan informasi dalam inovasi pendidikan. Asumsinya adalah prestasi belajar dapat dijadikan pendorong bagi peserta didik dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan berperan sebagai umpan balik dalam meningkatkan mutu pendidikan.
4. Prestasi belajar sebagai indikator intern dan ekstern dari suatu institute pendidikan. Indikator intern dalam arti bahwa prestasi belajar dapat dijadikan indikator tingkat produktivtas suatu institute pendidikan. Asumsinya adalah kurikulum yang digunakan relevan pula dengan kebutuhan masyarakat dan anak didik. Indikator ekstern dalam arti bahwa tinggi rendahnya prestasi belajar dapat dijadikan indikator tingkat kesuksesan peserta didik dimasyarakat. Asumsinya adalah kurikulum yang digunakan relevan pula dengan kebutuhan masyarakat.
5. Presatasi belajar dapat jadi indikator daya serap (kecerdasan) peserta didik.

Dalam proses pembelajaran, peserta didik menjadi fokus utama yang harus diperhatikan, karena peserta didik yang diharapkan dapat menyerap seluruh pembelajaran. Dilihat dari beberapa fungsinya prestasi belajar diatas, maka pentingnya kita mengetahui dan memahami prestasi belajar peserta didik, baik secara perseorang maupun secara berkelompok, sebab fungsi prestasi belajar tidak hanya sebagai indikator keberhasilan dalam bidang studi tertentu, tetapi juga sebagai indikator kualitas institusi pendidikan. Disamping itu, prestasi belajar juga bermanfaat sebagai umpan balik bagi guru dalam melakukan proses pembelajaran sehingga dapat menentukan apakah perlu melakukan diagonisasi, penempatan atau bimbingan terhadap prestasi didik. Sebagaimana dikemukakan oleh Crinbach (dalam Purwanto, 2013 : 18), bahwa kegunaan prestasi belajar banyak ragamnya, antara lain ‘sebagai umpan balik bagi guru dalam mengajar untuk keperluan diagonistik, untuk keperluan bimbingan dan penyuluhan untuk keperluan seleksi, untuk keperluan penempatan atau penjurusan untuk menentukan isi kurikulum dan untuk menentukan kebijakan sekolah.

0 Response to "Tentang Belajar dan Prestasi Belajar"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel