loading...

Pengertian Perhatian Orang Tua

Pengertian Perhatian Orang Tua.  Perhatian orang tua merupakan hal yang sangat berpengaruh bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Abu Ahmadi (1998: 151)mengatakan bahwa perhatian adalah keaktifan jiwa yang diarahkanpada suatu obyek tertentu. Hal serupa juga diungkapkan oleh BimoWalgito (1986: 53) yang mengatakan bahwa perhatian merupakanpemusatan atau konsentrasi dari seluruh aktivitas seseorang yangditujukan pada suatu atau sekumpulan objek. Selanjutnya, Gazali(Slameto, 2013: 56) mengatakan bahwa perhatian adalah keaktifanjiwa yang dipertinggi dan semata-mata tertuju pada suatu hal tertentu.Selain itu, Slameto (2013: 105) juga mengemukakan bahwa perhatianadalah kegiatan yang dilakukan seseorang dalam kaitannya denganpemilihan rangsangan yang datang dari lingkungannya. Orang tua merupakan seseorang yang bertanggung jawab untukmembimbing dan memenuhi kebutuhan anak. Siti Meichati (BagusSantoso, 2010: 10) mengatakan bahwa orang tua adalah individu yangmemegang peran sebagai ayah dan ibu bagi anaknya. Orang tua adalahayah dan ibu yang melahirkan anaknya serta mempunyai kewajibanuntuk mengasuh, merawat, dan mendidik anak sehingga diharapkanmampu menjadi orang yang berguna bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Dalam penelitian ini yang dimaksud orang tuaadalah ayah, ibu atau wali yang mempunyai tugas dan tanggung jawabuntuk mendidik, memperhatikan serta memenuhi kebutuhan anak,khususnya dalam bidang pendidikan.

Binti Maunah (2009: 97) mengemukakan bahwa orang tuaharus memperhatikan dan membimbing anaknya. Sebagai manusiayang belum sempurna perkembangannya, anak perlu mendapatkanpengarahan dari orang tua agar dapat mencapai kedewasaan. Adapunyang dimaksud kedewasaan yakni kedewasaan secara jasmani danrohani. Selain itu, Benjamin Spock (1982: 121) juga mengatakan bahwa orang tua harus memberi perhatian, dorongan, dan semangat kepada anak untuk lebih giat dalam belajar. Semakin banyak belajar,anak akan menyadari perihal tanggung jawab serta kekurangan yangmasih terdapat pada diri mereka. Orang tua merupakan orang pertama yang bertanggung jawabterhadap kelangsungan hidup dan pendidikan anaknya. Binti Maunah(2009: 98-100) mengatakan bahwa dasar-dasar tanggung jawab orangtua terhadap pendidikan anaknya meliputi:

a) Adanya motivasi atau dorongan cinta kasih yang menjiwaihubungan orang tua dan anak. Kasih sayang orang tua yangtulus kepada anaknya akan mendorong sikap dan tindakan relamenerima tanggung jawab untuk memberikan pertolongankepada anaknya.

b) Pemberian motivasi kewajiban moral sebagai konsekuensi nilai-nilai spiritual. Orang tua dapat menanamkan nilai spiritual pada anak melalui pembiasaan. Sebagai contoh, orang tua dapat mengajak anak untuk pergi ke tempat-tempat ibadah sebagai penanaman dasar yang akan mengarahkan anak pada pengabdian. Selanjutnya anak diharapkan dapat menghargai kehadiran agama dalam bentuk pengalaman, dan pengalaman dalam bentuk ketaatan.

c) Tanggung jawab sosial adalah sebagian dari keluarga yangpada saatnya akan menjadi tanggung jawab masyarakat, bangsadan negara. Tanggung jawab sosial merupakan perwujudankesadaran tanggung jawab kekeluargaan yang dibina olehketurunan dan kesatuan keyakinan. Hubungan orang tua dananak yang dilandasi rasa kasih sayang yang tulus diharapkanmampu membimbing anak untuk tumbuh dan berkembangdengan sempurna, sehingga dapat melatih sikap mandiri danmampu mengambil keputusan serta kehidupan yang stabil.



d) Memelihara dan membesarkan anaknya, tanggung jawab inimerupakan dorongan alami untuk dilaksanakan orang tua,karena anak membutuhkan makan, minum, dan perawatan agardapat hidup secara berkelanjutan. Selain itu orang tua jugabertanggung jawab dalam hal melindungi dan menjamin kesehatan anak, baik jasmani atau rohani dari berbagai gangguan penyakit ataupun bahaya lain yang dapatmembahayakan anak.

e) Memberikan pendidikan dengan berbagai ilmu pengetahuandan keterampilan. Pendidikan tersebut diharapkan dapatbermanfaat bagi kehidupan anak di masa yang akan datang,sehingga anak mampu hidup dengan mandiri.

Elizabeth B. Hurlock (1978: 202-205) mengatakan bahwa pada dasarnya hubungan orang tua dengan anak tergantung pada sikap orang tua. Jika sikap orang tua menguntungkan, maka hubungan orang tua dengan anak akan jauh lebih baik dibandingkan jika sikap orang tua tidak positif. Sikap orang tua juga berpengaruh pada perilaku dan sikap anak. Pengaruh sikap orang tua tidak terbatas pada hubungan orang tua dengan anak, melainkan juga pada seluruh anggota keluarga

Jadi, perhatian orangtua adalah upaya sadar yang dilakukan orang tua pada anaknya berupa tenaga, pikiran dan perasaan dengan melakukan suatu aktivitas tertentu. Perhatian orang tua terhadap anaknya dapat diwujudkan dengan memberikan bimbingan pada anak,memberikan dorongan untuk belajar, memenuhi kebutuhan belajaranak, dan sebagainya, agar anak memperoleh minat belajar yangtinggi dan hasil belajar yang optimal.

0 Response to "Pengertian Perhatian Orang Tua"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...