loading...

Menghormati Peringatan Hari Hak Asasi Manusia.

Menghormati Peringatan Hari Hak Asasi Manusia. Hari ini tanggal 10 Desember 2016, merupakan hari Hak Asasi Manusia Internasional. Tepat pada hari ini, di tahun 1948, PBB mengadopsi deklarasi universal hak asasi manusia untuk kita semua. Semua warga dunia wajib menghormati tonggak sejarah ini guna menciptakan dunia yang lebih bebas dan setara.


Hak Asasi Manusia lebih penting dibandingkan hak seorang penguasa dalam konteks manapun. Hak Asasi Manusia merupakan hak yang dimiliki manusia sejak seorang manusia dilahirkan. Jadi Hak asasi manusia merupakan hak yang diberikan oleh sang pencipta yang diberikan kepada seluruh manusia tanpa memandang keadaan apapun. Karena diberikan oleh sang Pencipta, hak ini melekat pada manusia sejak lahir. Menurut Undang-Undang No. 39 Tahun 1999, hak asasi manusia merupakan seperangkat hak yang melekat pada hakikat setiap keberadaan manusia yang merupakan makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Hak merupakan anugerah-Nya yang haruslah untuk dihormati, dijunjung tinggi, serta dilindungi oleh Negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang untuk kehormatan serta perlindungan harkat martabat manusia.


Banyak contoh hak yang merupakan hak asasi manusia. Cakupan dari hak asasi manusia bersifat individual dan HAM yang bersifat komunal atau kolektif. Hak asasi manusia ini bersifat pribadi misalnya hak untuk bebas bergerak, bepergian, bebas menyatakan pendapat, memiliki hak kebebasan untuk aktif dalam suatu organisasi, dan hak dalam menjalankan perintah Tuhan, hak untuk memilih dan dipilih dalam pemilu, hak untuk ikut dalam setiap kegiatan pemerintah, mendapatkan perilaku yang sama dalam hukum dan pemerintahan, melakukan proses jual beli, berhak dalam mengadakan sebuah perjanjian kontrak, berhak memiliki sesuatu dan pekerjaan yang layak, berhak memperoleh persamaan derajat didepan hukum, berhak untuk memilih dan menentukan pendidikannya nanti, dan berhak untk memilih kemampuan sesuai dengan bakat dan minatnya.


Akan tetapi, pada saat ini sudah banyak hak asasi yang dilanggar oleh manusia guna mempertahankan hak pribadinya. Dalam bidang pendidikan, orangtua sering menentukan pendidikan bagi anak-anaknya padahal anak harus memilih dan menentukan sendiri pendidikan yang cocok dengan minat dan bakatnya. Dalam pembelajaran di kelas, siswa berhak mendapatkan atau mencapai kompetensi. Guru harus memastikan bahwa, tidak boleh ada siswa yang tidak mencapai kompetensi.


Mari kita menghormati hak-hak dasar manusia dan mari dimulai dari sekolah.

0 Response to "Menghormati Peringatan Hari Hak Asasi Manusia."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...