loading...

Karakteristik Multimedia Pembelajaran

Karakteristik  Multimedia Pembelajaran. Berdasarkan defenisi tentang multimedia pembelajaran, maka diberikan karakteristik multimedia pembelajaran yang dijelaskan oleh Alessi & Trolip (2001: 48), yaitu: (1) pendahuluan program, (2) control siswa, (3) presentasi informasi, (4) pemberian bantuan, dan (5) penutup program.

1) Pendahuluan program, yaitu terdiri atas judul multimedia pembelajaran, petunjuk penggunaan yang dijelaskan secara spesifik, dan identifikasi pengguna seperti memasukkan nama dan password.

2) Kontrol siswa, yaitu terkait dengan apa dan bagaimana siswa mengendalikan program seperti penyedian tombol, daftar menu, dan hyperlink. Tombol dapat didesain berbentuk huruf, icon, atau gambar. Dalam pembuatan tombol,yang terpenting tombol tersebut dapat dilihat dengan jelas dan konsisten tempatnya. Daftar menu terdiri atas pilihan full-screen menus atau frame menus. Hyperlink harus benar tautannya dan ada pembeda antara link yang sudah dan belum dibuka.

Mode kontrol dapat dipilih dengan menggunakan mouse, keyboard, dan speech control. Mouse merupakan perangkat yang sering digunakan untuk memilih. Keyboard sering digunakan untuk mengetik teks. Speech control merupakan mode yang cukup baru dan belum layak digunakan.

3) Presentasi informasi, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu konsistensi tombol, konsistensi, anjuran respon, konsistensi garis tepi, paragraf dan lain-lain. Mode presentasi informasi dapat berbentuk teks informasi, grafik dan animasi, video, suara, dan warna.

Teks adalah bentuk yang paling umum digunakan untuk menyampaikan informasi dalam belajar. Hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan teks untuk semua metodologi multimedia adalah: (1) layout dan format teks, yaitu berkenaan dengan teks berkelip dan bergerak jangan pernah digunakan, teks yang besar semua dan sulit dibaca, teks lebih efektif jika digabung dengan kotak, tanda panah, dan huruf besar serta pemisahan penguat, (b) scrolling untuk teks harus digunakan sesedikit mungkin, teks yang tidak cukup satu halaman dibuat halaman baru, (c) kualitas teks harus jelas maknanya, jelas terbaca, dan sesuai dengan karakteristik siswa.

Baca Juga : Tentang Multimedia Pembelajaran

Grafik digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sedangkan animasi digunakan untuk mendeskripsikan konsep yang abstrak. Grafik juga digunakan untuk penjelas informasi utama, menggambarkan analogi atau membantu mengingat, mengelola dan isyarat. Bentuk dari grafik seperti garis sederhana, skema, gambar artistik, diagram, fotografi, gambar tiga dimensi, dan gambar animasi. Grafik lebih baik jika digunakan sesuai pesan yang disampaikan. Untuk animasi hendaknya diberi kontrol bagi siswa, lebih baik lagi jika dikombinasikan dengan suara.

Video dalam mengajar digunakan untuk memotivasi, menghibur, dan memancing rasa ingin tahu siswa. Penggunan video dimaksudkan untuk mendemonstrasikan atau menjelaskan model sesuai dengan konteks. Dalam penggunaan video, siswa diberikan user control untuk mengaturnya. Kemudian video digunakan dengan waktu tayang singkat saja, sedangkan suara terdiri dari narasi, musik dan efek suara. Narasi digunakan untuk menarik perhatian dan memberi petunjuk. Musik biasa digunakan dengan syarat kontrol dari siswa.

4) Pemberian bantuan (providing help), dilakukan dengan cara bertahap. Gunakan bantuan sesuai dengan tujuan penggunaan program dan pada waktu tertentu. Pada saat memulai program, pemberian bantuan dapat melalui panduan manual cetak, kemudian diberikan bantuan melalui menu help yang terlihat oleh siswa.

5) Penutup program (exit), yaitu bagian akhir progam. Penutup program dapat berupa rangkuman atau konfirmasi keluar untuk siswa. Konfirmasi tersebut berupa pertanyaan apakah siswa benar ingin keluar atau tidak. Jika siswa memilh ya, berarti akan keluar dan jika memilih tidak, maka program akan kembali ke menu utama.

0 Response to "Karakteristik Multimedia Pembelajaran "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...