Ini dia Alasan Orangtua Memilih Homschooling daripada Sekolah Formal.

Ini dia Alasan Orangtua Memilih Homschooling daripada Sekolah Formal. Homeschooling merupakan hal baru dan sudah menjadi salah satu opsi bagi pendidikan anak. Tentu saja, trend ini menambah praktisi sekolah rumah (homscholing) dan menjadi profesi sendiri bagi para guru yang tidak mau terikat dengan aturan-aturan formal maupun para guru yang sekedar menambah penghasilan. Pada umumnya banyak hal yang menjadi alasan para orangtua dan anak memilih sekolah rumah ini.

Alasan pertama orang tua memilih homeschooling bagi anak mereka adalah bahwa sudah ada regulasi yang melegalkan homschooling di indonesia. Dengan adanya regulasi ini, siswa homescholing akan dengan mudah melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi atau pindah jalur pendidikan ke sekolah formal seperti biasanya karena ijasah atau nilai siswa diakui di sekolah formal ketika pindah.

Selain mempertimbangkan legalitas,alasan kedua adalah orang tua tidak percaya bahwa sekolah akan memberikan pendidikan terbaik bagi anak mereka. Ketika ada pilihan homeschooling, tentu saja orangtua akan memilih jalur tersebut.

Alasan ketiga adalah sekolah terdekat bukan merupakan sekolah dengan mayoritas siswa seagama dengan si anak. Di negara Amerika serikat, banyak yang memilih homeschooling disebabkan karena masalah keyakinan.

Alasan keempat lebih pada apakah sekolah sudah menjadi lingkungan yang ramah bagi anak anak. Jika pada tempat tertentu orangtua tidak menemukan sekolah yang ramah anak, maka kemungkinan orangtua akan lebih memilih homeschooling. Lingkungan sekolah yang buruk memang membuat orangtua berpikir berkali-kali untuk memasukan anaknya ke sekolah yang seperti ini.

Alasan lainnya adalah (5) Alasan keluarga (6)membentuk karakter anak, (7)mata pelajaran di sekolah yang mungkin tidak menekankan pada apa yang menjadi minat anak, (8)sekolah tidak menantang bagi anak, (9)Banyaknya masalah sekolah yang diekspose dan diketahui semua orang, (10)Anak yang akan didaftarkan memiliki kebutuhan khusus dan sekolah tidak menyiapkan penanganan khusus untuk anak berkebutuhan khusus; (11)Masalah transportasi;(12)siswa tidak suka masuk sekolah; (13)Masalah pekerjaan orangtua yang mengharuskan anaknya misalnya berpindah-pindah (14)Tidak menemukan sekolah yang diinginkan orangtua dan anak.

Tentu saja masih banyak alasan lain dari orangtua yang tidak memasukan anaknya ke sekolah seperti orang lain. Alasan masing-masing orangtua berbeda-beda, tetapi pada umumnya berdasarkan hasil survey di Amerika Serikat, itulah alasan-alasan dari para orangtua yang lebih memilih homescholing.

0 Response to "Ini dia Alasan Orangtua Memilih Homschooling daripada Sekolah Formal."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...