Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perhatian Orang Tua.


Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perhatian Orang Tua. Untuk dapat mengetahui hal-hal yang dapat mempengaruhiperhatian orang tua, dapat dilihat dari faktor-faktor yang mempengaruhi perhatian. Abu Ahmadi (1998: 150-151) mengatakanbahwa faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perhatian yaitu:

a) Pembawaan, adanya pembawaan tertentu yang berhubungandengan objek yang direaksi, maka sedikit banyak akan timbulperhatian pada objek tertentu. Adanya pembawaan tertentuyang berhubungan dengan anak maka akan timbul perhatianorang tua terhadap anak.

b) Latihan dan kebiasaan, meskipun dirasa tidak ada bakat pembawaan tentang suatu bidang, tetapi karena hasil latihan dan kebiasaan dapat menimbulkan perhatian terhadap suatu hal.Dengan adanya kebiasaan orang tua dalam memenuhi kebutuhan anak, akan menyebabkan munculnya perhatian orang tua terhadap anak.

c) Kebutuhan, adanya kebutuhan akan sesuatu akan memungkinkan timbulnya perhatian terhadap obyek tertentu. Kebutuhan merupakan dorongan, sedangkan dorongan mempunyai tujuan yang harus dicurahkan kepadanya. Adanya kebutuhan dari orang tua untuk memenuhi kebutuhan belajar anak, memungkinkan munculnya perhatian orang tua terhadap anak

d) Kewajiban, di dalam kewajiban terkandung tanggung jawabyang harus dipenuhi oleh seseorang. Kewajiban akan selaludiperhatikan, entah kewajiban itu cocok atau tidak,menyenangkan atau tidak. Maka demi terlaksananya suatutugas, apa yang menjadi kewajibannnya akan dijalankandengan penuh perhatian. Sebagai orang tua yang bertanggungjawab, maka orang tua akan melaksanakan kewajibannyaterhadap anak dengan penuh perhatian. .

e) Keadaan jasmani, sehat tidaknya jasmani, sehat tidaknya badanakan sangat mempengaruhi perhatian terhadap suatu obyek.Keadaan jasmani orang tua akan sangat berpengaruh padaperhatiannya terhadap anak.

f) Suasana jiwa, keadaan jiwa orang tua, perasaan, fantasi, pikiran dan sebagainya yang ada pada orang tua akan sangat mempengaruhi perhatiannya terhadap anak, mungkin bisa membantu, dan sebaliknya bisa juga menghambat.

g) Suasana di sekitar, berbagai macam perangsang yang ada disekitar, seperti kegaduhan, kekacauan, keributan, temperatur,sosial ekonomi, keindahan dan sebagainya dapatmempengaruhi perhatian. Keadaan yang ada di sekitar orangtua akan mempengaruhi perhatiannya terhadap anak.

h) Kuat tidaknya perangsang dari obyek itu sendiri, kuat tidaknyaperangsang yang bersangkutan dengan obyek akan sangatmempengaruhi perhatian. Kuatnya ikatan antara orang tua dananak akan mempengaruhi perhatian orang tua terhadapanaknya.

Beberapa faktor berupa pembawaan, latihan dan kebiasaan,kebutuhan, kewajiban, keadaan jasmani, suasana jiwa, suasana disekitar, dan kuat tidaknya perangsang dari obyek itu sendiri dapatmempengaruhi perhatian orang tua terhadap anaknya. Besar kecilnyaperhatian orang tua terhadap anaknya dipengaruhi oleh beberapa faktortersebut.

0 Response to "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perhatian Orang Tua."

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel