loading...

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Menurut Surjana (2008 : 52), prestasi belajar merupakan hasil interaksi berbagai faktor baik internal maupun eksternal yakni sebagai berikut:

1. Pengaruh Faktor Eksternal

Faktor eksternal dapat mempengaruhi prestasi belajar peserta didik dapat digolongkankan kedalam faktor sosial dan non social. Faktor sosial menyangkut hubungan antara manusia yang terjadi dalam berbagaisituasi, dalam faktor ini termasuk lingkungan, keluarga, sekolah, teman dan masyarakat pada umumnya, sedangkan faktor non sosial adalah faktor-faktor lingkungan yang bukan sosial seperti lingkungan alam dan fisik misalnya keadaan rumah, ruang belajar, fasilitas belajar, buku-buku sumber, dan sebagainya.



2. Pengaruh Faktor Internal

Brata (1984: 249-252), mengklasifikasikan faktor internal mencakup: (a). faktor-faktor fisioilogis, yang menyangkut keadaan jasmani atau fisik indifidu, yang dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu keadaan jasmani, pada umumnya dan keadaan fungsi-fungsi jasmani tertentu terutama panca indra, (b). faktor-faktor psikologis, yang berasal dari dalam diri seperti intelegensi, minat, sikap dan motivasi.

Intelegensi merupakan salah satu faktor yang berpengaruhi teerhadap tinggi rendahnya prestasi belajar. Intelegensi merupakan dasar potensial bagi pencapaian hasil belajar, artinya hasil belajar yang dicapai atau bergantung pada tingkat intelegensi, dan hasil belajar yang dicapai tidak akan melebihi tingkat intelegensinya rendah, maka kecenderungan hasil yang akan dicapainyapun rendah. Meskipun demikian, tidak boleh dikatakan bahwa taraf prestasi prestasi belajar di sekolah kurang, pastilah taraf intelegensinya kurang karena banyak faktor lain yang mempengaruhinya.

0 Response to "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...