loading...

Pembelajaran Matematika Abad 21

Pembelajaran Matematika Abad 21 - Pembelajaran Abad 21 merupakan ciri pembelajaran yang dianjurkan untuk digunakan dalam pembelajaran matematika. Pesatnya perkembangan IPTEKS menuntut berbagai perubahan mendasar termasuk perubahan penekanan dalam pembelajaran matematika.

Lalu apakah yang dimaksdukan dengan pembelajaran matematika Abad 21 ? Sebenarnya, maksud dari pembelajaran matematika Abad 21 adalah pembelajaran yang menekankan pentingnya pengembangan pada 4 aspek (4C) yaitu kreativitas (creativity), kemampuan berpikir kritis (critical thinking), kerjasama (collaboration) dan kemampuan komunikasi (communication). Kemampuan yang disebutkan di atas sangat dibutuhkan agar seseorang dapat hidup di Abad 21.


Keempat kemampuan yang disebutkan di atas harus dilatihkan dalam pembelajaran matematika. Guru dapat menggunakan berbagai pendekatan pembelajaran yang sesuai agar dapat mengembangkan kemampuan-kemampuan tersebut. Beberapa pendekatan pebelajaran matematika yang dapat digunakan adalah pembelajaran dengan filosofi konstruktivisme diantaranya adalah Pembelajaran Kontekstual (CTL). CTL yang khusus digunakan dalam pembelajaran matematika adalah pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR).

Dalam pendekatan PMR, siswa dituntut untuk memiliki kreativitas untuk menemukan konsep matematika melalui kesempatan berpikir kritis. Proses berpikir kritis akan terus terasah ketika siswa memodelkan permasalahan yang diberikan guru pada awal pembelajaran. Pembelajaran dengan PMR juga menekankan pentingnya interaktivitas antara siswa yang belajar sehingga proses berpikir bersama-sama dalam kelompok-kelompok kecil sangat disarankan.

Karena begitu pentingnya keempat kemampuan abad 21 tersebut di atas, dalam Permendikbud nomor 20 Tahun 2016 tentang standar kompetensi lulusan (SKL) juga ditekankan bahwa ketrampilan yang harus dimiliki ketika siswa lulus SD adalah 1. kreatif,2. produktif,3. kritis,4. mandiri, 5. kolaboratif, dan 6. komunikatif.

0 Response to "Pembelajaran Matematika Abad 21 "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...