loading...

Perangkat Lunak atau Software Untuk Membuat Tes Online

Perangkat Lunak atau Software Untuk Membuat Tes Online. Belakangan ini, kebutuhan akan pengetahuan tentang cara membuat tes atau quis secara online menjadi sebuah keniscayaan. Tuntutan untuk mengurangi kertas untuk tujuan pelestarian lingkungan membuat tes atau ujian online makin diminati. Untuk membuat tes yang paperless ada beberapa software yang bisa digunakan, diantaranya:



Free Quiz Maker



Software ini merupakan versi gratis dari Quiz Maker yang dikeluarkan oleh iSpring.Software ini diunduh melalui situs http://www.ispringsolutions.com/free-quiz-maker. Dengan free Quiz Maker dapat membuat quiz atau survey dengan mudah. Free Quiz Maker memfasilitasi penggunanya untuk mengintegrasikan suara, gambar, video dan file-file flash kedalam soal. Dengan software ini pengguna juga bisa menyisipkan kalimat matematika kedalam quiz. Setelah terinstal di komputer, tampilan dari program ini adalah sebagai berikut:





Quiz faber


Software Quiz faber dapat diunduh dari situs http://www.lucagalli.net. Software ini bersifat freeware, di mana penggunaan software ini bebas biaya(jika untuk kepentingan non komersial), akan tetapi pengguna tidak bisa mendapatkan kode sumber software tersebut.



Tampilan Situs Quis Faber

Setelah memasuki situs ini, kita tinggal mengunduh software tersebut dan tinggal menginstalnya dalam PC kita. Setelah terinstal maka tampilan dari Quis Faber adalah sebagai berikut.



Fitur Quiz faber antara lain:



  1. Membuat berbagai tipe pertanyaan diantaranya multiple choice, pertanyaan dengan banyak jawaban, soal benar salah, soal dengan jawaban terbuka, soal menjodohkan dan soal gap filling.
  2. Mempunyai pilihan untuk kustomisasi background, warna, suara dan jenis font.
  3. Hasil quiz dapat disimpan secara online melalui email atau cloud storage seperti Google drive.
  4. Memungkinkan untuk mengintegrasikan gambar, suara, video kedalam soal.
  5. Tersedianya tool untuk mengatur pengulangan soal berdasarkan nilai tertentu, mengacak soal, dan keamanan soal.
  6. Adanya fitur untuk menggabungkan soal yang dibuat dengan Quiz Faber dengan software lainnya.

Hot Potatoes


Hot Potatoes memfasilitasi penggunanya untuk membuat soal-soal latihan yang interaktif berbasis web.Software ini dapat diunduh dari http://hotpot.uvic.ca/.Hot Potatoes termasuk software freeware.Ada beberapa jenis soal yang bisa dibuat dengan Hot Potatoes, diantaranya:


JQuiz


JQuiz merupakan software untuk membuat pertanyaan berbasis quiz. Ada 4 tipe/jenis pertanyaan yang bisa dibuat dengan JQuiz, yaitu pilihan ganda, jawab singkat, hybrid (campuran antara jawab singkat dan pilihan ganda), dam banyak pilihan /multiple select. Soal dilengkapi dengan feedback, hint atau semacam petunjuk untuk menyelesaikan soal atau mencari jawabannya.


Jcloze

JCloze digunakan untuk membuat soal dalam bentuk gap-fill. Soal jenis ini biasanya dibuat dalam bentuk serangkaian kalimat dan bagian kalimat yang merupakan jawaban dikosongkan/berbentuk gap untuk dicari jawaban yang tepat. Sejumlah jawaban yang benar bisa disiapkan untuk mengisi gap tersebut.


Jcross


JCross digunakan untuk membuat soal dalam bentuk puzzle.


Jmix


JMix digunakan untuk membuat soal dalam bentuk kumpulan kata / kalimat yang tidak teratur urutannya.Pengguna diminta untuk mengurutkan sesuai jawaban.Jenis soal dengan software ini biasanya disertai petunjuk jawaban yang benar.


Jmatch

JMatch digunakan untuk membuat soal yang bersifat penyepadanan / serasi atau dalam bentuk urutan. Biasanya sejumlah kalimat atau gambar yang merupakan pertanyaan sudah disediakan, pengguna tinggal mengurutkan atau menyesuaikan mengikuti perintah soal. Soal jenis ini biasanya digunakan untuk menyesuaikan vocabulary dengan gambar/ terjemahan, atau mengurutkan kalimat dalam bentuk sebuah urutan atau percakapan.





Selain software-software di atas ada sebuah software yang dinamakan Masher, yaitu sebuah software yang digunakan untuk membuat sebuahpaket/unit material (pertanyaan) dalam sebuah bentuk yang mudah dioperasikan. Masher ini yang akan menyatukan hasil soal-soal yang dibuat dengan software-software yang ada dalam Hot Potatoes. Quiz atau sekumpulan soal yang dibuat dengan Hot Potatoes telah memenuhi standar SCORM. Dengan Hot Potatoes memungkinkan untuk mengintegrasikan gambar, suara, video kedalam soal.


ThatQuiz


Beberapa layanan pembuat kuis online kebanyakan masih belum mendukung untuk simbol maupun notasi yang berhubungan dengan matematika. That Quiz (thatquiz.org) merupakan salah satu penyedia layanan pembuat soal latihan interaktif berbasis web yang sudah mendukung untuk soal-soal matematika. Beragam pilihan topik matematika sudah disediakan di situs ini dari topik matematika dasar sampai lanjut. Sayangnya, di situs ini belum ada fasilitas untuk merekam aktifitas siswa dan hanya dimanfaatkan sebagai semacam latihan.


Google Drive


Google Drive merupakan salah satu layanan gratis dari Google yang bisa digunakan untuk beberapa aktivitas dalam dunia pendidikan. Selain berfungsi sebagai cloud storage, Google Drive juga bisa digunakan untuk membuat soal-soal dan survei berbasis web dengan menggunakan fasilitas form. Pengguna cukup mempunyai account Gmail untuk bisa menggunakan Google Drive. Cara membuat soal dengan Google Drive sangat mudah. Meskipun lebih rumit dari layanan yang lain, untuk penggunaan evaluasi yang memungkinkan adanya rekam jejak siswa sangat dianjurkan menggunakan metode ini karena aktifitas siswa akan direkam ke file dan dapat juga untuk diunduh dalam format spreadsheet dan dapat diolah lebih lanjut.


Contoh sederhana penggunaan formulir google drive adalah seperti yang saya gunakan dalam tugas II Mata kuliah Desain Pembelajaran Matematika I sebagai pada posting ini : Tugas II Mata Kuliah Desain Pembelajaran Matematika I. Setelah mengklik tugas salah satu kelas dapat dilihat jika soal tersebut dikerjakan secara online.







Selain software-software di atas masih banyak software yang bisa dimanfaatkan untuk membuat quiz berbasis komputer, baik untuk stand alone maupun web based, tentu saja dengan fitur serta kerumitannya masing-masing. Selain itu, untuk evaluasi secara paperless juga telah terintegrasi dalam beberapa LMS (Learning Management System) antara lain Moodle, Edmodo (edmodo.com), Schoology (schoology.com), dan lain-lain. Penggunaan LMS juga akan memungkinkan proses pembelajaran yang lebih kompleks, tidak hanya evaluasi, seperti penyampaian materi, interaksi/diskusi, dan lain-lain, sehingga tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan LMS ini dalam pembelajaran.



Sumber: PPPPTK Mtematika

0 Response to "Perangkat Lunak atau Software Untuk Membuat Tes Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel