Metode Kumon: Metode Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan

Metode Kumon: Metode Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan -  Kumon adalah metode pengajaran yang dikembangkan pertama kali oleh seorang guru matematika asal Jepang bernama Toru Kumon. Pada saat pertama kali mengembangkan Metode Kumon, pendirinya yaitu Toru Kumon mempunyai teori bahwa selama putranya dapat mengerjakan matematika SMA dengan mudah, dia akan mempunyai banyak waktu untuk mengerjakan hal-hal lain yang disukainya. Oleh karena itu beliau memikirkan yang dapat beliau lakukan di rumah untuk membantu putranya dalam mendapatkan kemampuan Matematika SMA. Dengan tujuan untuk membantu putranya dapat mandiri, Toru Kumon mempersiapkan sendiri materi-materi pembelajaran dan metode belajarnya. Beliau menulis soal-soal hitungan pada selembar kertas terpisah dan kemudian menggabungkannya dengan metode belajar mandiri yang memungkinkan putranya untuk maju dengan kemampuannya sendiri.

Sebenarnya yang dilakukan Toru Kumon adalah menciptakan bentuk dasar untuk pendidikan Metode Kumon. Beliau telah meletakkan dasar pendekatan bimbingan perseorangan yang memungkinkan setiap siswa untuk belajar yang sesuai dengan kemampuan akademiknya dan untuk menggali potensinya; kedua hal tersebut yang terus kami junjung tinggi.

Dari website Kumon Indonesia yang dapat diakses di http://id.kumonglobal.com dapat diketahui bahwa apa sebenarnya kumon itu?

Metode Kumon adalah metode belajar perseorangan. Level awal untuk setiap siswa Kumon ditentukan secara perseorangan. Siswa mulai dari level yang dapat dikerjakannya sendiri dengan mudah, tanpa kesalahan. Lembar kerjanya telah didesain sedemikian rupa sehingga siswa dapat memahami sendiri bagaimana menyelesaikan soalnya. Jika siswa terus belajar dengan kemampuannya sendiri, ia akan mengejar bahan pelajaran yang setara dengan tingkatan kelasnya dan bahkan maju melampauinya.

Anggapan tentang belajar menyenangkan yang dianut oleh metode tersebut adalah :” Jika siswa mulai belajar pada titik pangkal yang mudah mereka kerjakan, tanpa membuat penilaian berdasarkan pada usia atau tingkatan sekolahnya, akan memungkinkan mereka merasakan kesenangan dalam belajar”.

Lembar kerja Kumon yang digunakan di seluruh dunia berdasarkan pendekatan yang sama. Lembar Kerja Kumon memungkinkan siswa untuk maju ke level yang lebih tinggi dengan memulai pada bagian yang dapat dikerjakan dengan mudah, tidak tergantung usia atau tingkatan kelas di sekolah dan memungkinkan siswa untuk dapat belajar pada tingkatan yang "tepat" dimana tingkatan kesulitan yang dialami siswa akan meningkat sedikit demi sedikit. Bagian pengembangan lembar kerja secara terus menerus akan dipelajari dari anak-anak dalam usahanya untuk memperbaiki lembar kerja yang sekarang dan juga untuk mengembangkan lembar kerja yang baru dan yang lebih baik untuk memberikan bahan pelajaran yang terbaik untuk siswa-siswa Kumon.


Di Kumon, para pembimbing berdedikasi untuk sepenuhnya menggali potensi pada setiap individu siswa. Pembimbing Kumon memberikan bimbingan yang cukup pada siswa-siswa agar dapat mengerjakan soal-soal dengan kemampuan mereka sendiri. Hasilnya siswa-siswa tersebut mengerti bahwa mereka dapat mengerjakan sesuatu jika mereka mau mencobanya, membangun rasa percaya diri, dan mengembangkan kemampuan untuk menerima tantangan baru bagi diri mereka sendiri.

0 Response to "Metode Kumon: Metode Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...