Menggunakan Game Dalam Pembelajaran Matematika

Menggunakan Game Dalam Pembelajaran Matematika. Prinsip pembelajaran matematika dengan konstruktivisme adalah belajar matematika berbasis aktivitas siswa. Melalui aktivitas belajar seperti ini, guru hanya berperan sebagai pengatur dan siswalah yang banyak bekerja. Siswa sendirilah yang berperan sebagai orang yang sedang belajar. Guru adalah orang yang menyiapkan segala sumber daya agar dapat membelajarkan siswa dengan sebaik-baiknya

Pembelajaran seperti ini akan berjalan efektif jika guru senantiasa mengembangkan diri dan kompetensinya melalui proses belajar yang terus-menerus diantaranya dengan cara membaca dan mengikuti perkembangan teknologi terbatu yang semakin hari terasa semakin cepat.Salah satunya adalah dengan memperkaya diri akan hal-hal terkait teknologi yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika agar dapat membelajarkan matematika kepada siswa secara optimal.



Salah satu bentuk perkembangan teknologi yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika adalah permainan game yang mudah ditemui dalam smartphone yang mudah diakses oleh para siswa. Para siswa SD kelas III sekarang bahkan telah menenteng smartphone canggih ke sekolah. Perangkat yang dibawa siswa ke sekolah hendaknya dimanfaatkan dengan baik untuk pembelajaran, sehingga siswa tidak menyalahgunakan perangkat tersebut untuk hal-hal lain yang tidak relevan dengan pembelajaran.

Banyak Game pembelajaran matematika yang dapat kita temukan ketika browsing di Internet misalnya Mathematicsgames for tablet yang dapat ditemukan di Freudenthal Institute .Pada website ini para guru dapat memilih bentuk permainan yang cocok dengan konsep matematika yang dipelajari.


0 Response to "Menggunakan Game Dalam Pembelajaran Matematika"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel