loading...

Ethomatematika: Antara Pembelajaran Matematika dan Budaya


Ethnomatematika merupakan sebuah pendekatan yang dapat digunakan untuk menjelaskan realitas hubungan antara budaya lingkungan dan matematika dalam pembelajaran matematika. Banyak negara yang menganjurkan untuk memperkenalkan ethnomatematika dalam pembelajaran matematika di negaranya misalnya Jepang dan China. Jepang dan China berhasil dalam pembelajaran matematika, dibuktikan dengan hasil PISA dan TIMSS yang memuaskan.

Bagaimana dengan Indonesia ???

Pembelajaran matematika di Indonesia cenderung formal dan jauh dari kehidupan anak. Padahal anak anak ke sekolah membawa pengetahuan informal berupa konsep-konsep spontan matematika. Pembelajaran matematika  di Indonesia langsung diajarkan dalam bentuk konsep formal. Hal ini bertentangan dengan prinsip pembelajaran matematika bermakna, dimana pembelajaran matematika bermakna dianjurkan pembelajaran matematika harus dimulai dari hal-hal yang dialami oleh siswa atau anak setiap hari. Pembelajaran harus dimulai dengan pengembangan konteks yang dekat dengan keseharian anak. Anak-anak hidup dalam lingkungan budaya tertentu sehingga dimungkinkan anak/siswa sudah memahami konsep informal/konsep spontan matematika yang diterapkan pada lingkungan hidupnya. Hiebert & Capenter (1992) mengingatkan kepada semua pihak bahwa pengajaran matematika di sekolah dan matematika yang ditemukan anak dalam kehidupan sehari-hari sangat berbeda. Oleh karenanya, pembelajaran matematika sangat perlu memberikan muatan/menjembatani antara matematika dalam dunia sehari-hari (matematika informal) dengan matematika sekolah (cenderung formal). 
 
http://tips-belajar-matematika.blogspot.co.id/
Gambar:Atap Rumah adat Ngada dapat digunakan untuk pembelajaran Geometri



Etnomatematika adalah matematika yang diterapkan oleh kelompok budaya tertentu, kelompok buruh/petani, anak-anak dari masyarakat kelas tertentu, kelas-kelas profesional, dan lain sebagainya (Gerdes, 1994). Jika ditinjau dari sudut pandang riset maka etnomatematika didefinisikan sebagai antropologi budaya (cultural anropology of mathematics) dari matematika dan pendidikan matematika. 

0 Response to "Ethomatematika: Antara Pembelajaran Matematika dan Budaya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...