Beberapa Metode Pembelajaran Matematika SD yang Menyenangkan

Sudah menjadi anggapan umum terutama khayalak  Indonesia bahwa matematika merupakan sesuatu yang sulit dipelajari. Anggapan ini dapat dibuktikan dengan capaian anak Indonesia dalam mengikuti tes-tes berskala internasional (misalnya: TIMSS dan PISA). Selain itu, sering dijumpai  atau dikeluhkan oleh orangtua bahwa nilai matematika siswa merupakan nilai terendah di antara mata pelajaran yang diperoleh anak mereka di sekolah. 

Kesulitan dalam belajar matematika bukan disebabkan oleh sulitnya matematika itu sendiri. Hal yang membuat materi matematika di Sekolah Dasar (SD)  begitu sulit adalah adanya kesenjangan antara cara berpikir siswa yang konkrit dan materi matematika yang abstrak. Hans Freudental mengatakan bahwa kadang-kadang siswa atau anak belajar matematika disebabkan karena kesenjangan antara apa yang diketahui anak-anak dengan matematika.

Kesenjangan ini perlu diperpendek atau dipersempit jika guru dapat memilih metode mengajar yang sesuai dengan karakteristik masing-masing anak yang pada hakikatnya sangat berbeda dengan orang dewasa. Dengan menggunakan metode mengajar yang tepat, maka pelajaran matematika akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan untuk dipelajari.

Dewasa ini terdapat banyak lembaga yang mengajarkan matematika dengan cara yang unik dan menarik yang dapat memperbaiki kemampuan anak-anak dalam belajar matematika. Lembaga-lembaga ini memiliki teknik yang berbeda-beda untuk membuat pelajaran matematika lebih mudah untuk dikuasai. Beberapa teknik atau metode belajar matematika yang membuat matematika menjadi mudah untuk dipelajari:

1. Metode KUMON
2. Metode GASING
3. Metode Jarimatika
4. Metode Mathemagics

0 Response to "Beberapa Metode Pembelajaran Matematika SD yang Menyenangkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...