Apa itu Ethnomatematika ?

Bentuk-bentuk matematika informal turut memberikan kontribusi pada anak yang belajar matematika di sekolah. Bentuk bentuk matematika yang ada di lingkungan budaya yang dekat dengan anak sangat berbeda dengan matematika di sekolah. Bentuk bentuk pengetahuan ini merupakan pengetahuan atau konsep spontan (spontaneus concept) yang dapat mempengaruhi akuisisi konsep formal matematika (formal concept) yang dipelajari di sekolah. Matematika yang ditemukan anak di rumah dan lingkungan budayanya  sangat berbeda dengan matematika yang dipelajari di sekolah. 

 
http://tips-belajar-matematika.blogspot.co.id/2016/09/apa-itu-ethnomatematika.html
Mbaru Niang, Rumah Adat Manggarai dengan Atap Berbentuk Kerucut
 

Dalam kehidupan sehari-hari di rumah, di dapur ibu-ibu sering mengukur isi dengan sendok atau cangkir, sedangkan di sekolah mengukur isi secara khusus dengan liter atau meter kubik (Scolastika Mariani) . Di samping itu matematika dalam kehidupan sehari-hari sering dijumpai berbeda antara daerah satu dengan lainnya misalnya dalam sistem numerasi atau alat-alat hitung yang digunakan. Perbedaan-perbedaan dalam penggunaan matematika ini dapat dilihat secara mendalam atau yang tampak di struktur permukaan bergantung dari pandangan apa yang digunakan dari pengetahuan matematika. Bentuk-bentuk inilah yang disebut ethnomatematka. Dengan pengertian lain, ethnomatematika (ethnomathematics) adalah suatu kajian terhadap aktivitas sekelompok masyarakat budaya tertentu, dimana aktivitas tersebut merupakan sesuatu yang memiliki gagasan atau fenomena  matematis. Fenomena matematis dari aktivitas tersebut merupakan bentuk bentuk matematika yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran matematika di sekolah.

Sebutan ethnomatematika dikemukakan oleh D’Ambrosio (1984) dalam artikelnya berjudul Ethnomathematics yang disampaikan pada pembukaan konferensi internasional pendidikan matematika di Adelaide Australia, dan dalam jurnal (D’Ambrosio, 1985) berjudul Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. Etnomatematika merupakan matematika yang tumbuh dan berkembang dalam kebudayaan tertentu ( Yusuf, M.W., Saidu, I & Haliru, A, 2010 ). 

Sumber :

D’Ambrosio. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. Journal of learning of mathematics 5(1), 44-48.

Nunes, T. (1992). Ethnomathematics and everyday Cognition dalam Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning. Douglass A. Groows (Ed). New York: Macmillan

Scolastika Mariani.(2008).  Ethnomatematics (Terjemahan dari Ethnomathematics and Everyday Cognition) http://scmariani-unnes.blogspot.co.id

Yusuf, M.W., Saidu, I & Haliru, A. (2010). Ethnomathematics (a Mathematical Game in Hausa Culture). International Journal of Mathematical Science Education Technomathematics Research Foundation.Vol.3,No.1,pp36–42,2010  http://www.tmrfindia.org/sutra/v3i16.pdf


0 Response to "Apa itu Ethnomatematika ?"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel