Tentang Google Drive untuk Dunia Pendidikan

Tentang Google Drive untuk Dunia Pendidikan. Saya menulis artikel ini karena saya teringat akan pidato Rektor Universitas Negeri Yogyakarta pada bulan Agsutus 2013. Saat itu tengah gencar-gencarnya pemberitaan tentang maraknya kasus ijasah palsu. Salah satu cara untuk meredam penyalahgunaan gelar palsu tersebut adalah mendokumentasikan kelulusan seseorang dalam bentuk foto wisuda dan diupload ke tempat penyimpanan yang aman. Ketika seseorang mau memalsukan ijasahnya, PT langsung melihat kebenarannya dengan mengkroscek apakah yang bersangkutan pernah diluluskan, siapa teman seangkatan yang diwisuda bersamaan dan lain lain. Kalau tidak salah Prof. Rochmad waktu itu menyatakan dengan “menyimpan di dunia antah berantah”, kira-kira seperti itu, saya tidak ingat persis apa yang dinyatakan beliau. Maksud beliau adalah menyimpan di cloud storage yaitu suatu tempat penyimpanan data secara online.

Saat ini google memberikan banyak pelayanan gratis terintegrasi dalam 1 akun google. Salah satu layanan yang diberikan oleh google adalah Google Drive yang merupakan layanan cloud storage dari Google yang diluncurkan pada Tahun 2012. Dengan fasilitas ini, para pemilik akun gmail dapat menyimpan file file penting di google drive miliknya dan dapat mengakses file tersebut kapanpun dan dimanapun asalkan perangkat yang digunakan terkoneksi internet. File-file yang telah disimpan dalam google drive dapat dishare ke orang lain dan pemilik file dapat memberikan akses pada orang lain untuk menyunting file tersebut.

Ada beberapa keuntungan jika kita menyimpan file di google drive. Layanan ini gratis dan otomatis langsung didapatkan secara gratis dengan kapasitas tertentu (5 GB) ketika seseorang mendaftarkan email menggunakan gmail. Selain itu, menyimpan file di google drive lebih aman karena pemilik file tidak perlu takut filenya rusak atau hilang jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada perangkat pengguna misalnya laptop, PC atau Smartphone. 


Dalam bidang pendidikan, adanya layanan google yang satu ini membawa banyak kemudahan dan kegunaan. Para operator sekolah tidak perlu memikirkan keamanan file-file penting milik sekolah. Para guru juga dapat menggunakan google drive untuk menautkan tugas/ujian yang dikerjakan secara online dan dibuat menggunakan formulir yang ada di akun google. Bagi guru yang mengerjakan sebuah file yang sama, dapat mengedit file tersebut secara bersama sama dari tempat yang berbeda jika file tersebut disimpan di google drive. 

Karena manfaatnya yang luas, sekolah hendaknya dapat memfasilitasi para guru dengan mendatangkan orang yang berpengalaman untuk mengeksplore kegunaan dan manfaat dari google drive ini untuk memudahkan dan meningkatkan penggunaan IT dalam bidang pendidikan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tentang Google Drive untuk Dunia Pendidikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...